Selasa, 04 Oktober 2011

Datang Terlalu Cepat, Calon Haji Tak Bisa Masuk Asrama

foto


Boyolali - Jemaah calon haji kelompok terbang 12 asal Kota Magelang dan Temanggung tak bisa langsung masuk Asrama Haji Donohudan Boyolali karena datang terlalu cepat.

Menurut jadwal, kloter 12 seharusnya masuk ke Asrama Haji pukul 14.00 WIB. Tapi mereka sudah tiba pukul 11.30 WIB. "Padahal jemaah calon haji kloter 11 belum selesai pemeriksaan kesehatan,” ujar Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surakarta, Zainal Abidin, kepada wartawan, Selasa, 4 Oktober 2011.

Karena tak bisa langsung masuk asrama haji, 370 calon haji kloter 12 itu diminta menunggu di masjid di kompleks asrama haji. Zainal menyebut seharusnya petugas daerah bisa memperkirakan lama perjalanan dari daerah asal agar bisa sampai di Asrama Haji Donohudan tepat waktu. “Misalnya terlambat atau terlalu cepat, selisihnya tidak terlalu lama,” kata dia.

Karena belum resmi menerima jemaah calon haji, pihaknya belum bertanggung jawab terkait pelayanan bagi calon haji. Calon jemaah haji yang menunggu di masjid masih menjadi tanggungan petugas daerah asal. “Sebenarnya kasihan juga karena harus ditempatkan sementara di masjid. Tapi ruangannya memang sudah tidak mencukupi,” ujar Zainal lagi.

Petugas pendamping kloter 12, Sumarsono, mengatakan sengaja datang lebih awal ke Asrama Haji Donohudan karena ada 12 orang calon haji dari Kota Magelang masuk kloter 11. “Kami mengejar kedatangan kloter 11 ke Asrama Haji Donohudan, sehingga sengaja datang lebih cepat,” tutur dia.

Sumarsono menyadari bahwa risiko datang lebih cepat adalah tidak bisa langsung masuk ke asrama. Tapi hal itu tidak menjadi masalah asalkan tidak ada calon haji dari Kota Magelang yang tertinggal rombongan. “Kalau berangkatnya sesuai dengan jadwal, kami takut 12 orang tadi ketinggalan proses pemeriksaan administrasi dan kesehatan di kloter 11,” ucap dia lagi.

sumber:http://www.tempointeraktif.com/hg/wartahaji_berita_mutakhir/2011/10/04/brk,20111004-359816,id.html