Jumat, 21 Oktober 2011

Gempa 7,6 SR guncang selandia baru

Gempa 7,6 SR guncang selandia baru - Gempa bumi berkekuatan 7,6 mengguncang Kepulauan Kermadec, Selandia Baru, di Pasifik Selatan, Sabtu (22/10/2011) dini hari tadi. Demikian laporan Badan Gempa Amerika Serikat atau US Geological Survey (USGS).
http://uc1n.blogspot.com/
Gempa terpusat di 180 kilometer sebelah timur Pulau Raoul di kedalaman sekitar 24 mil (38,62 km). Kepulauan Kermadec sendiri terletak sekitar 1.200 kilometer sebelah utara North Island. Sampai berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban jiwa.

Sementara itu, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii menyatakan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan bagi kawasan pesisir setelah gempa itu terjadi. Namun, mereka memperingatkan, sejumlah daerah di kawasan itu mungkin mengalami perubahan kecil pada gelombang laut yang berlangsung beberapa jam.

Selandia Baru, yang saat ini menjadi tuan rumah Rugby World Cup, berada di "cincin api" Pasifik, sebuah zona yang sering dilanda kegiatan seismik dan rawan gempa. Kota terbesar kedua, Christchurch, hancur akibat gempa bermagnitud 6,3 pada Februari lalu yang menewaskan 181 orang, setelah bangunan-bangunan di kota itu melemah akibat gempa sebelumnya pada September 2010.